Senin, 22 Mei 2017

PERBEDAAN

Jilbab, Hijab, Khimar, Niqab dan Burqa


Perkembangan fashion semakin lama semakin banyak, termasuk dengan fashion Muslim, terutama hijab. Berbagai model hijab membanjiri pasar fashion.
Tapi tahukah bahwa tidak semua yang menutup kepala muslimah itu disebut dengan hijab. Ada istilah lain yaitu jilbab, Kerudung, Khimar, Niqab dan Burqa dalam penyebutannya.
Berikut perbedaan mendasar antara hijab, jilbab, kerudung, Khimar, niqab dan Burqa:
Hijab




Hijab
Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi. Hijab menurut Alquran artinya penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya.
Meski penggunaan kata hijab sudah familiar sebagai penutup kepala bagi wanita Muslim tidak melihat model hijabnya seperti apa.
Jilbab






Jilbab atau Jalabihinna , kain yang menutupi seluruh tubuh dari kepala hingga kaki (Foto: Hijab Abaya)
Berdasarkan Alquran surat Al-Ahzab ayat 59, Jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh.  “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…“.
Secara terminologi, Jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepala, dada dan bagian belakang tubuhnya.
Dapat kita ambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh.
Kalau di Arab “Jalabib” ini dikenal dengan abaya atau french.

Kerudung

Istilah kerudung lebih umum tidak saja dikenakan oleh kaum muslimah, tetapi juga non muslim.
Kerudung biasa didesain lepas dan sekadar sebagai penutup kepala sehingga penggunaannya tidak dianjurkan dalam syariat Islam.
Bahkan syarat tidak terpenuhi dalam menutupi aurat, misalnya rambut, leher dan dada masih terlihat.
Khimar




Masyarakat Urban kini sedang menuju tren penggunaan Khimar,
Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31.
Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.
Nah, istilah satu ini mulai familiar di kalangan umat muslim.
Khimar menutupi kepala, leher dan menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan dan Khimar tidak dimodifikasi atau diikat ke dada.
Syarat utama disebut Khimar jika menutup aurat yang utama yaitu leher, dada dan bagian belakang.
Niqab






Niqab atau cadar yang dikenakan menutup wajah kecuali mata
Niqab atau cadar kini juga sudah familiar. Niqab sendiri adalah kain yang menutupi wajah kecuali mata bahkan ada juga yang menutupi mata menggunakan kain agak tipis.
Niqab sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah saw seperti dikabarkan dalam banyak riwayat hadist, salah satunya dari Asma’ binti Abu Bakr, dia berkata,
كنا نغطي وجوهنا من الرجال وكنا نمتشط قبل ذلك في الإحرام
“Kami biasa menutupi wajah kami dari pandangan laki-laki pada saat berihram dan sebelum menutupi wajah, kami menyisir rambut.”
Pada zaman sekarang cadar tidak asing lagi. Jika dahulu pemakai cadar kebanyakan dari Arab dan Timur Tengah, sekarang di berbagai belahan dunia sudah kian banyak muslimah yang bercadar.
Burqa




Burqa sering dikenakan oleh perempuan Afganistan

Seperti dilansir Wikipedia, Burqa adalah sebuah pakaian yang menutupi seluruh tubuh yang dikenakan oleh sebagian perempuan Muslim di Afganistan, Pakistan, dan India utara.
Meski hijab, kerudung, jilbab dan niqab sudah familiar tetapi Burqa masih jarang terlihat dikenakan oleh orang di luar asal pakaian ini. Bagaimana, sudah mulai paham dengan perbedaannya, jangan salah sebut lagi ya sahabat, dan tentunya Khimar merupakan pilihan fashion terbaik In sya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STUDI KASUS PRE EKLAMPSIA BERAT DI RS

DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1 1.1 Latar Belakang 1 1.2 Rumusan Masalah 3 1.3 Tujuan Penelitian 3 1.3.1 Tujuan Umum 3 1.3.2 Tujuan Khusus 3...